Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar

Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar - Madu merupakan cairan kental yang sangat manis yang dihasilkan oleh lebah. Ternyata kebanyakan orang salah memperlakukan penyimpanan madu. Sifat madu sangat mudah sekali menyerap air dalam udara terbuka, apabila hal ini dibiarkan tentu akan mempengaruhi kualitas madu.

Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar

Wadah Madu Yang Benar

Madu sebaiknya disimpan di sebuah wadah berbahan gelas kaca atau plastik. Misalnya madu yang disimpan di botol kaca atau toples plastik yang memiliki standard food grade (*biasanya ada logo garpu dibawahya). Dengan demikian, kualitas madu akan terjaga. Jangan sekali-kali menyimpan madu di sebuah wadah berbahan logam, hal ini dapat memicu terjadinya reaksi kimia antara madu dengan logam, bahkan untuk menyedok madu pun kita dianjurkan menggunakan sendok berbahan kayu atau plastik.

Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar


Cara Penyimpanan Madu yang Benar


Untuk penyimpanan, madu sebaiknya disimpan ditempat yang gelap (*tidak terkena cahaya matahari ), dan juga berhawa sejuk, dengan model penyimpanan seperti ini madu dapat bertahan bertahun-tahun. Kebanyakan masyarakat menyimpan madu didalam kulkas, sebenarnya anjuran menyimpan madu dengan cara yang disebutkan diatas sudah cukup. Namun bisa juga disimpan di kulkas untuk lebih menjaga kualitas madu, misalnya agar terhindar dari micro organisme yang bisa saja terkontaminasi dengan udara luar. Perlu di ingat, menyimpan madu di kulkas dapat menyebabkan madu mengkristal, apabila hal ini terjadi, cukup buka botolnya lalu panaskan didalam air yang mendidih, dengan cara seperti ini kualitas madu juga akan terjaga.

last, sudah jeals kang, semoga bermanfaat kawan

Bagikan yuk :

Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Chania Candra

Post Comment